Analisis Butir Soal Matematika Buatan Guru yang Digunakan untuk Ujian Semester Ganjil Kelas VIII SMP

Authors

  • oktaviyani yani uir

Keywords:

Analisis Butir Soal, Matematika, Ujian Semester

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian akhir sekolah (UAS) mata pelajaran matematika pada tahun 2018 di SMP Islam Terpadu Al – Hafit Pekanbaru dilihat dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat evaluasi dengan pendekatan deskriptif  kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMP Islam Terpadu Al – Hafit Pekanbaru dengan sampel sebanyak 100 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan aplikasi anates versi 4.09. Teknik yang dianalisis yaitu; validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan pengecoh. Hasil penelitian menggunakan aplikasi anates versi 4.09 menunjukkan bahwa : 1) Berdasarkan kriteria validitas  diperoleh soal sangat valid 2 butir (5%), valid 8 butir (20%) dan tidak valid 30 butir (75%); 2) Berdasarkan kriteria reliabilitas diperoleh hasil koefisien reliabilitas (r11) sebesar 0,55 yang mana memiliki reliabilitas tes rendah (r11 < 0,70); 3) Berdasarkan kriteria tingkat kesukaran soal diperoleh soal yang mudah 3 butir (7,5%), soal sedang 20 butir (50%), dan soal yang sukar 17 butir (42,5); 4) Berdasarkan kriteria daya pembeda diperoleh soal yang sangat jelek 3 butir (7,5%), soal yang jelek 14 butir (35%), soal yang cukup 14 butir (35%) dan soal yang baik 9 butir (22,5%; 5) Berdasarkan kriteria pengecoh diperoleh pengecoh yang berfungsi 35 butir (87,5%) dan pengecoh yang tidak berfungsi 5 butir (12,5%). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa 10 butir soal yang kurang baik dapat direvisi dan 30 butir soal yang jelek dapat diganti dengan membual soal baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-02-24

Issue

Section

Articles