Contextual Teaching and Learning pada Siswa MTs Hasanah: Suatu Model untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Authors

  • MONICA ANGELINA UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Keywords:

Contextual Teaching and Learning (CTL), Pemahaman Konsep, Quasi Experiment

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, kurangnya keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran CTL. Jenis penelitian yang diguhnakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode penelitian quasi experiment (penelitian semu). Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Hasanah Pekanbaru. Sampel dipilih dengan cara purposive sampling yang menetapkan bahwa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes kemampuan pemahaman konsep dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif dan teknik analisis data statistik inferensial yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran CTL di MTs Hasanah Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-02-24

Issue

Section

Articles