Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pendekatan Realistic Mathematics Educatin (RME) Kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat Barat

  • Rina Aprilia Ariesta Universitas Islam Riau
Keywords: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat Barat. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat Barat tahun pelajaran 2018/2019 yang terbagi dalam 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIa berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas VIIId berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan teknik pengamatan. Tes hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini terbukti dari hasil analisis data postes yang menunjukkan kedua kelas berdistribusi normal dan homogen sehingga diperoleh perhitungan  sehingga  sesuai dengan kriteria maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rengat Barat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-03-04
Section
Articles
Abstract viewed = 33 times
pdf downloaded = 31 times