Pengaruh Strategi The Power of Two terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Keywords:
Eksperimen, Hasil Belajar Matematika, The Power of TwoAbstract
Salah satu hal yang harus diperhatikan pada pembelajaran matematika dari semua jenjang pendidikan adalah peningkatan hasil belajar siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi The Power of Two terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru yang terdiri dari 5 kelas dan sampel penelitian yaitu kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dianalisis menggunakan analisis inferensial, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari hasil analisis data post-test menunjukkan kedua kelas berdistribusi tidak normal sehingga dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney U (U-Test) sehingga diperoleh hasil –Ztabel Zhitung Ztabel (Ztabel = 1,96, Zhitung = -1,75). Hal ini berarti Ho diterima dan H1 ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan dari strategi The Power of Two terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru.