Pengaruh Strategi The Power of Two terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Authors

  • hartika nirwana Universitas Islam Riau

Keywords:

Eksperimen, Hasil Belajar Matematika, The Power of Two

Abstract

Salah satu hal yang harus diperhatikan pada pembelajaran matematika dari semua jenjang pendidikan adalah peningkatan hasil belajar siswa  di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi The Power of Two terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dan desain penelitian yang digunakan  adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru yang terdiri dari 5 kelas dan sampel penelitian yaitu kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Tes hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dianalisis menggunakan analisis inferensial, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari hasil analisis data post-test menunjukkan kedua kelas berdistribusi tidak normal sehingga dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney U (U-Test) sehingga diperoleh hasil –Ztabel  Zhitung  Ztabel (Ztabel = 1,96, Zhitung = -1,75). Hal ini berarti Ho diterima dan H1 ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan dari strategi The Power of Two terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-04

Issue

Section

Articles