Missouri Mathematics Project (MMP)
Model Pembelajaran untuk Mempengaruhi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK
Keywords:
Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Missouri Mathematics Project (MMP), Pengaruh.Abstract
Dalam proses pembelajaran matematika, pemahaman matematis merupakan bagian yang sangat penting, maka pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMK. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah nonequivalent control group design dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswa kelas X SMK Negeri 1 Kepenuhan tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini yaitu kelas X TKRO dengan jumlah 15 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan kelas X TBSM dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Data hasil kemampuan pemahaman matematis siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes berbentuk pretest dan posttest. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis data sanalisis statistik inferensial, yaitu dengan uji-t. Dari data uji-t diperoleh (). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas SMK.