Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Moivasi Belajar Matematika Siswa di SMA

Authors

  • Marlis Yolanda Sari Universitas Islam Riau

Keywords:

Eksperimen, Discovery Learning, Motivasi Belajar Matematika Siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMA pada tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dimulai dari tanggal 20 Februari 2019 sampai dengan tanggal 18 April 2019. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket, wawancara, dan observasi.

Data motivasi belajar matematika siswa dianalasis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial dalam penelitian ini yaitu uji-t dan regresi liner sederhana. Berdasarkan Uji- yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa dengan  model Discovery Learning lebih baik dari pada motivasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berpengaruh sebesar (45,6%) terhadap motivasi belajar matematika siswa di SMA yang peneliti teliti. Dari kesimpulan ini terlihat bahwa model Discovery Learning dikatakan cukup berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa.

 

Kata Kunci :Eksperimen, Discovery Learning, Motivasi Belajar Matematika Siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-04

Issue

Section

Articles