Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Siswa SMK

Authors

  • Rezi Trimardi Yarsi Universitas Islam Riau

Keywords:

Hasil Belajar, Konvensional, Pembelajaran Kooperatif, Student Facilitator and Explaining

Abstract

Pembelajaran matematika yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa menjadi suatu tantangan bagi seorang guru untuk mengubah kepembelajaran yang menarik dan dapat disenangi oleh siswa, sehingga siswa menyenangi dan dapat menyerap konsep matematika dengan mudah. Penggunaan metode pembelajaran yang bervariatif menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMKS YPPI Tualang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI TOI 1 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan non equivalent control group design yang menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretes dan postes. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata nilai pretes siswa dikelas eksperimen adalah 16,88 sedangkan rata-rata nilai postes siswa dikelas kontrol adalah 5,96. Pada nilai postes, kelas eksperimen memperoleh rata-rata 61,55 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 46,72.  Dalam penelitian ini, data kedua pretes kedua kelas menunjukkan terdapat perbedaan oleh sebab itu menggunakan uji perbedaan dua rata-rata N-gain. Dari data N-gain kedua kelas diperoleh bahwa  ( Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMKS YPPI Tualang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-04

Issue

Section

Articles