Pengaruh Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas VIII SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru
Keywords:
Problem Based Intruction (PBI), pemahaman konsep matematika siswa, Quasi Eksperimen.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Intruction (PBI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru pada materi system persamaan linear dua variable. Penelitian ini di mulai tanggal 18 April 2019. Bentuk penelitian adalah Quasi Eksperimen (eksperimen semu). Desain penelitian Matching Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru. Sampel dipilih dengan Random Sampling. Kelas VIII.2 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII.1 Sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah teknik tes. Tes digunakan untuk melihat pemahaman konsep matematika siswa yang akan dianalisis dengan statistic deskriptif. Data post-test kelas eksperimen di peroleh thitung = 1,86ttabel= 1,66691 berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Problem Based Intruction (PBI) terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP YLPI Marpoyan Pekanbaru.