Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Julia Sari Universitas Islam Riau

Keywords:

Model Kooperatif, Metode Question Student Have, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif dengan metode question student have terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di MTS Negeri 2 Rokan Hulu pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS Negeri 2 Rokan Hulu, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII4 dan VIIyang berjumlah 66 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik pengambilan sempel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan lembar observasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif dengan metode question student have dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini berdasarkan analisis uji Mann-Whitney data N-gain hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan uji Mann-Whitney diperoleh signifikansi hasil belajar data N-gain adalah  dan , sehingga  maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran kooperatif dengan metode question student have terhadap hasil belajar siswa.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-04

Issue

Section

Articles