Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based Learning (PBL), Quasi ExperimentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 306 siswa yang tersebar ke dalam 10 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 63 siswa, untuk kelas eksperimen ada 31 siswa dan untuk kelas kontrol ada 32 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan uji regresi diperoleh bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII.