Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Siak Hulu Tahun Ajaran 2018/2019

Authors

  • Maya Firda Yanti Universitas Islam Riau

Keywords:

hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, penelitian tindakan kelas (PTK)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe TSTS (Two Stay Two Stray). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Siak Hulu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajar yang diperoleh dari UH 1 dan UH 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas pada skor dasar yaitu 26 orang dari 33 orang siswa atau 78,78%, kemudian meningkat pada ulangan harian 1 menjadi 27 orang dari 33 orang siswa atau 81,81%. Kemudian meningkat lagi pada ulangan harian 2 menjadi 31 orang dari 33 orang siswa atau 93,93%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dapat memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Siak Hulu semester genap tahun ajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-04

Issue

Section

Articles