Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Proffesional CS6 pada Materi Trigonometri Kelas X
Keywords:
Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, R&DAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan media pembelajaran yang valid dan praktis pada materi trigonometri. Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan R & D, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen validasi berupa lembar validasi, serta instrumen kepraktisan berupa lembar respon guru dan lembar respon siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data validasi dan data kepraktisan media pembelajaran. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru dengan 23 peserta didik. Hasil analisis validasi penelitian oleh 3 validator diperoleh rata-rata validasi media pembelajaran sebesar 90,48% yang termasuk kategori sangat valid dan hasil analisis rata-rata kepraktisan sebesar 84,1% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan Adobe Flash Proffesional CS6 yang teruji valid dan praktis.