Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Adek Sri Rahma Yani Universitas Islam Riau

Keywords:

Model Pembelajaran Anchored Instruction, Hasil Belajar Matematika siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction (AI) terhadap hasil belajar matematika siswa.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan non equivalent control group design dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP yang terdiri dari 3 kelas kelas Al jazali, Al Birunni dan Al Battani, adapun sampel penelitian yaitu kelas VII Al Jazali yang merupakan kelas eksperimen dengan diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Anchored Instruction (AI) dan kelas VII Al Biruni sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskripstif dan analisis inferensial. Berdasarkan analisis statistik deskripstif  matematika siswa mengalami peningkatan pada kelas eksperimen. Analisis statistik insferensial yang digunakan adalah uji normalitas diproleh data normalitas, kemudian dilanjutkan dengan uji homogenitas diperoleh bahwa terdapat rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol terlihat dan terakhir dilakukan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa SMP. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Anchored Instruction  dibanding kelas kontrol denganmenggunakan pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-04

Issue

Section

Articles