Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI dengan Model Kooperartif Teknik Make a Match

Authors

  • Putri acri rizkiana Universitas Islam Riau

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Kooperatif, Make a Match

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa. Bentuk dari penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Bangkinang Kota dengan sampel kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pretest dan posttest.  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan uji-t hasil penelitian dengan taraf signifikan 0,05, diperoleh hasil perhitungan thitung > ttabel . Berdasarkan hipotesis, H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Bangkinang Kota.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-18

Issue

Section

Articles