Strategi Group Resume dalam Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas VII-3 SMP N 6 Siak Hulu
Keywords:
Hasil belajar Matematika, Kooperatif, Strategi Group ResumeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-3 SMP N 6 Siak Hulu melalui penerapan strategi group resume dalam pembelajaran kooperatif. Subjek penelitian siswa kelas VII-3 SMP N 6 Siak hulu yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar pengamatan dan lembar tes hasil belajar yang telah dianalisis. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis data deskriptif dengan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan lembar pengamatan pada setiap pertemuan menunjukan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran mulai dari pertemuan pertama pada siklus I sampai ke pertemuan terakhir pada siklus II. Berdasarkan hasil belajar peningkatan belajar dapat terlihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM pada skor dasar yaitu 7 siswa atau 23,33%, ulangan harian-1 yaitu 6 siswa atau 20%, dan pada ulangan harian-2 yaitu 9 siswa atau 30%. Berdasarkan rata-rata hasil belajar matematika siswa pada skor dasar yaitu 42,30, pada ulangan harian-1 yaitu 44,87, dan pada ulangan harian-2 yaitu 50,87. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi group resume dalam pembelajaran kooperatif dapat memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-3 SMP N 6 Siak Hulu.