Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe NHT Siswa Kelas VII

Authors

  • Monda Rahma Lika Universitas Islam Riau

Keywords:

Perbandingan, Hasil Belajar, STAD, NHT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan hasil belajar matematika antara kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas VII SMP Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada bulan Maret 2019 sampai April 2019. Penelelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII sebanyak 192. Sampel penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VII.1 sebanyak 30 sebagai eksperimen STAD, dan kelas VII.4 sebanyak 32 sebagai kelas eksperimen NHT. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data tes hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji- . Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diketahui bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT lebih tinggi daripada STAD. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan  model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-04

Issue

Section

Articles