Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas XI IPS 3 SMAN 9 Pekanbaru
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan nenelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Pekanbaru yang berjumlah 36 orang, terdiri dari laki-laki 18 orang dan perempuan 18 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar untuk melihat ketuntasan hasil belajar siswa. Adapun ketuntasan hasil belajar siswa yaitu dengan membandingkan skor dasar dengan Ulangan Harian I dan Ulangan Harian II pada materi pokok Limit Fungsi. Setelah diadakan penelitian dengan dua siklus, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Limit Fungsi dimana pada akhir tindakan siklus I terdapat 26 siswa yang tuntas atau 72,22% dengan rata-rata hasil belajar siswa 73,83, kemudian meningkat pada ulangan harian II dengan jumlah yang tuntas 32 siswa atau 88,89% dengan rata-rata hasil belajar siswa 80,56 pada akhir tindakan siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Pekanbaru pada materi Limit Fungsi.