Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Disertai Aktivitas Quick On The Draw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Siak Hulu

Authors

  • Drs. Alzaber, M.Si
  • Fitriana Yolanda, M.Pd

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Siak Hulu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif disertai aktivitas quick on the draw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Siak Hulu yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki dengan karakteristik dan kemampuan siswa yang heterogen. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa serta angket motivasi belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif disertai aktivitas quick on the draw.Lembar pengamatan di analisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan angket dianalisis dengan persentase. Berdasarkan data yang diperoleh, dari angket motivasi sebelum dan sesudah tindakan secara keseluruhan di dapat skor motivasi siswa sebelum tindakan adalah 63,83% dengan kriteria motivasi cukup  sedangkan skor motivasi siswa sesudah tindakan adalah 75,96% dengan kriteria motivasi kuat. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif disertai aktivitas quick on the draw dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Siak Hulu.

 

Kata kunci:     Model Pembelajaran Kooperatif, Quick On The Draw, Motivasi Belajar Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-18

Issue

Section

Articles