Pengembangan Perangkat PembelajaranMatematika dengan Model Missouri Mathematics Project (MMP) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP

Authors

  • Dr. Sri Rezeki, M.Pd. UIR, Pekanbaru
  • Sari Herlina, M.Pd

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model Missouri Mathematics Projectyang valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP dan LAS. Pengembangan perangkat pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan model pengembangan berupa model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu: (1)  Define (pendefinisian); (2) Design (perencanaan); dan  (3) Develop (pengembangan). Instrumen penelitian ini berupa lembar validasi RPP dan LAS, angket respon guru, angket respon siswa dan angket keterlaksanaan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data validasi dari ahli, data angket respon guru, data angket respon  siswa, dan lembar keterlaksanaan proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil  penelitian  diperoleh kevalidan RPP dengan kategori cukup valid, dan kevalidan LAS dengan kategori cukup valid. Selanjutnya hasil kepraktisan diperoleh dari respon siswa dengan kategori praktis dan respon guru dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan bahwa telah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model Missouri Mathematics Project (MMP)  pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII SMP yang teruji valid dan kepraktisannya.

 

Kata kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Missouri Mathematics Project (MMP)

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-03-02

Issue

Section

Articles