Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs

  • Erda Wani universitas islam riau

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB di salah-satu MTs di Desa Kuala Mahato melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah  penelitian tindakan  kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB di salah-satu MTs di Desa Kuala Mahato yang berjumlah 26 siswa terdiri dari 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Instrumen pengumpulan data adalah  lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dan hasil belajar siswa melalui tes ulangan harian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan teknik tes. Analisis yang dilakukan adalah analisis aktivitas guru dan siswa serta analisis hasil belajar. Hasil penelitian berdasarkan lembar pengamatan menunjukkan bahwa setelah dilakukannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat memperbaiki proses pembelajaran. Kemudian dari hasil belajar siswa yang mencapai KKM hanya 42,31% sebelum tindakan, Namun setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe make a match, siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 76,92% pada siklus 1, dan menjadi 88,46% pada siklus 2. Selain itu, rata-rata hasil belajar juga meningkat dari sebelum tindakan 70,38 menjadi 74,62 pada siklus 1 dan 75,88 pada siklus 2. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB di salah-satu MTs di Desa Kuala Mahato pada materi koordinat kartesius.

Published
2019-09-11
How to Cite
WANI, Erda. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa MTs. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 66-74, sep. 2019. ISSN 2621-1270. Available at: <https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2674>. Date accessed: 22 jan. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.