Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Authors

  • Rezky Ramadhoni Universitas Islam Riau

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV, melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP yang berjumlah 20 orang siswa dengan 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan, tiga kali untuk proses belajar mengajar dan untuk melihat aktifitas siswa sedangkan satu pertemuan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa itu sendiri (Ulangan Harian). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik non-tes dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data tentang aktivitas guru dan siswa (Kualitatif), analisis data hasil belajar (Kuantitatif), analisis ketercapaian kriteria ketuntasan minimum (KKM), analisis rata-rata hasil belajar, dan analisis keberhasilan tindakan. Hasil penelitian ini juga  menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I meningkat dibandingkan skor dasar, begitu juga dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yang meningkatkan dibandingkan siklus I. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP. khususnya pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-13

Issue

Section

Articles