Komik Matematika

Studi Eksperimen terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

  • helga syahmita Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP. Permasalahan yang mendasar pada penulisan ini adalah diduga siswa merasa bosan dengan pelajaran matematika yang monoton dengan angka dan sulit umtuk dipahami.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design menggunakan teknik purposive sampling.. Populasi dalam penelitian ini adalah salah satu siswa kelas VII SMP  tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini  ada dua kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu jelas lagi sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah komik matematika, tes hasil belajar, lembar pengamatan keterlaksanaan  proses  pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian  kelas yang menggunakan komik lebih baik dari pada kelas yang tidak menggunakan komik. Sehingga terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar matematika siswa SMP

Published
2019-09-11
How to Cite
SYAHMITA, helga. Komik Matematika. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 124-132, sep. 2019. ISSN 2621-1270. Available at: <https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2664>. Date accessed: 22 jan. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.