Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Keywords:
Model pembelajaran Search Solve Create Share, hasil belajar matematika.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa di salah satu SMA di pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS). Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMA yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah tekniik analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan pada ulangan harian I dan ulangan harian II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMA kelas X.