Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Matemathics Education (RME) pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri 6 Siak Hulu

Authors

  • Vendy Oktavia Damayanti Universitas Islam Riau
  • Zulkarnain - UNIVERSITAS ISLAM RIAU
  • Sindi Herlina UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Realistic Matemathics Education (RME) pada materi lingkaran di kelas VIII SMP N 6 Siak hulu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4D (define, design, develop, and desseminate). Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) Tahap pendefinisian (define) yaitu mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, (2) Tahap mendesain (design) yaitu merancang tema, format dan sistematika perangkat pembelajaran, (3) Tahap pengembangan (develop) draft produk. Draft produk awal yang telah jadi kemudian divalidasi oleh 2 dosen ahli, 1 guru. Produk hasil validasi tersebut kemudian diujicobakan di SMP Negeri 6 Siak Hulu dengan jumlah siswa 17 orang untuk mendapatkan uji respon siswa dan uji kepraktisan siswa dalam pembelajaran matematika. Masukan dan saran dari uji coba terbatas tersebut dijadikan acuan dalam revisi sehingga diperoleh produk akhir. Pada penelitian ini tidak dilakukan tahap keempat yaitu penyebaran (disseminate). Hal ini karena keterbatasan waktu dan biaya peneliti. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata tiap kategori dan rata-rata aspek dalam lembar validasi. Praktikalitas perangkat pembelajaran yang diisi oleh pada angket respon guru dan siswa pada angket respon siswa. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP sebesar 77% dengan kriteria kevalidan sangat valid dan LKPD sebesar 80,75% dengan kriteria sangat praktis. Tinjauan kepraktisan RPP sebesar 97,6% dengan kriteria sangat praktis. LAS sebesar 94,36% dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran matematika berbasis Realistic Matemathics Eduication (RME) pada materi lingkaran di kelas VIII SMP N 6 Siak Hulu yang teruji kelavidan dan kepraktisan.
Kata Kunci : Perangkat perangkat pembalajaran, Realistic Matemathics education, RPP, dan LKPD

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Zulkarnain -, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Realistic Matemathics Education (RME) pada materi lingkaran di kelas VIII SMP N 6 Siak hulu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4D (define, design, develop, and desseminate). Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) Tahap pendefinisian (define) yaitu mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, (2) Tahap mendesain (design) yaitu merancang tema, format dan sistematika perangkat pembelajaran, (3) Tahap pengembangan (develop) draft produk. Draft produk awal yang telah jadi kemudian divalidasi oleh 2 dosen ahli, 1 guru. Produk hasil validasi tersebut kemudian diujicobakan di SMP Negeri 6 Siak Hulu dengan jumlah siswa 17 orang  untuk mendapatkan uji respon siswa dan uji kepraktisan siswa dalam pembelajaran matematika. Masukan dan saran dari uji coba terbatas tersebut dijadikan acuan dalam revisi sehingga diperoleh produk akhir. Pada penelitian ini tidak dilakukan tahap keempat yaitu penyebaran (disseminate). Hal ini karena keterbatasan waktu dan biaya peneliti. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata tiap kategori dan rata-rata aspek dalam lembar validasi. Praktikalitas perangkat pembelajaran yang diisi oleh pada angket respon guru dan siswa pada angket respon siswa. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP sebesar 77% dengan kriteria kevalidan sangat valid dan LKPD sebesar 80,75% dengan kriteria sangat praktis. Tinjauan kepraktisan RPP sebesar 97,6% dengan kriteria sangat praktis. LAS sebesar 94,36% dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran matematika berbasis Realistic Matemathics Eduication (RME) pada materi lingkaran di kelas VIII SMP N 6 Siak Hulu yang teruji kelavidan dan kepraktisan.

Kata Kunci : Perangkat perangkat pembalajaran, Realistic Matemathics Education, RPP, dan LKPD

Sindi Herlina, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Realistic Matemathics Education (RME) pada materi lingkaran di kelas VIII SMP N 6 Siak hulu yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model 4D (define, design, develop, and desseminate). Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) Tahap pendefinisian (define) yaitu mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran, (2) Tahap mendesain (design) yaitu merancang tema, format dan sistematika perangkat pembelajaran, (3) Tahap pengembangan (develop) draft produk. Draft produk awal yang telah jadi kemudian divalidasi oleh 2 dosen ahli, 1 guru. Produk hasil validasi tersebut kemudian diujicobakan di SMP Negeri 6 Siak Hulu dengan jumlah siswa 17 orang  untuk mendapatkan uji respon siswa dan uji kepraktisan siswa dalam pembelajaran matematika. Masukan dan saran dari uji coba terbatas tersebut dijadikan acuan dalam revisi sehingga diperoleh produk akhir. Pada penelitian ini tidak dilakukan tahap keempat yaitu penyebaran (disseminate). Hal ini karena keterbatasan waktu dan biaya peneliti. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata tiap kategori dan rata-rata aspek dalam lembar validasi. Praktikalitas perangkat pembelajaran yang diisi oleh pada angket respon guru dan siswa pada angket respon siswa. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP sebesar 77% dengan kriteria kevalidan sangat valid dan LKPD sebesar 80,75% dengan kriteria sangat praktis. Tinjauan kepraktisan RPP sebesar 97,6% dengan kriteria sangat praktis. LAS sebesar 94,36% dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran matematika berbasis Realistic Matemathics Eduication (RME) pada materi lingkaran di kelas VIII SMP N 6 Siak Hulu yang teruji kelavidan dan kepraktisan.

Kata Kunci : Perangkat perangkat pembalajaran, Realistic Matemathics Education, RPP, dan LKPD

Additional Files

Published

2019-07-08

Issue

Section

Articles