THE Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e (Lc5e) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII4 SMPN 4 Siak Hulu Tahun Ajaran 2017/2018

Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e (Lc5e) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII4 SMPN 4 Siak Hulu Tahun Ajaran 2017/2018

Authors

  • DESTI MULYANI FOR AUTHOR

Keywords:

Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Learning Cycle 5E (LC5E)

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII 4 SMPN 4 Siak Hulu tahun ajaran 2017/2018 melalui Penerapan Model Learning Cycle 5E. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII 4 SMPN 4 Siak Hulu yang berjumlah 35 orang siswa dengan 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan tanggal 20 Maret 2018 sampai 3 Mei 2018. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan tes hasil belajar siswa. Teknik pengamatan dilakukan selama proses pembelajran berlangsug sedangkan teknik tes dilakukan melalui UH 1 dan UH 2. Hasil pengamatan dianalisis secaa deskriptif kualitatif, sedangkan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan analisis ketuntasan hasil belajar dan analisis rata-rata hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Peningkatan  hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas pada skor dasar yaitu 11 siswa atau 31,43%,  meningkat pada ulangan harian 1 yaitu 17 siswa atau 48,57% dan meningkat juga pada ulangan harian 2 yaitu 23 siswa atau 65,71%. Rata-rata nilai hasil belajar pada skor dasar adalah 31,43, pada UH 1 rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 60,2 dan pada UH 2 rata-rata  nilai hasil belajar siswa adalah 70,69. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Learning Cycle 5E dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII 4 SMPN 4 Siak Hulu tahun ajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Learning Cycle 5E (LC5E)

 

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2019-07-08

Issue

Section

Articles