Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achivement Division (STAD) dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 25 Pekanbaru

Authors

  • Sri Danova Universitas Islam Riau

Abstract

Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Kelas VIII SMP Negeri 25 Pekanbaru

 

SRI DANOVA

NPM: 146410525

 

Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Riau.

Pembimbing Utama    : Sari Herlina, S.Pd., M.Pd

Pembimbing Pendamping : Aulia Sthephani, S.Pd., M.Pd

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa. Adapun penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN 25 Pekanbaru, pada tanggal 17 Juli 2018 sampai 11 Agustus 2018.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 25 Pekanbaru yang berjumlah 390 orang siswa, sampel penelitian yang digunakan adalah kelas VIII. 2 sebagai kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas VIII.3 sebagai kelas yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, sampel penelitian diambil dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Analisis data inferensial yang digunakan adalah uji homogenitas dan uji dua sampel independent (uji t).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 25 Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari perolehan rata-rata kelas STAD yaitu 57,12 dan rata-rata kelas talking stick yaitu 46,35 menghasilkan  = 2,01 dengan taraf signifikansinya adalah 0,05 menghasilkan  = 1,99, karena  diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran kooperatif tipe talking stick, dan dari peroleh rata-rata kelas menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada pembelajaran kooperatif tipe talking stick.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Kooperatif, STAD, Talking Stick.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2019-07-08

Issue

Section

Articles