ANALISIS FAKTOR KELOMPOK REFERENSI PERILAKU KONSUMEN DALAM SISWA MEMILIH BERSEKOLAH DI SMK IBNU TAIMYAH PEKANBARU

  • Awliya Afwa Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada sekolah menengah kejuruan Ibnu Taimyah Pekanbaru yang berlokasi dijalan angkatan 66 No 63 Rejosari Pekanbaru. Sekolah menengah Kejuruan Ibnu Taimyah yang dibawah pengelolahan Yayasan Zambrat pada beberapa tahun yang lalu ini mempunyai bebrbagai alternative jurusan-jurusan pelajaran bagi para siswanya, antara lain jurusan sekretaris,akutansi, teknologi informasi, bisnis dan penjualan dan,multimedia dan komunikasi yang akreditaanya A, kecuali multimedia dan komunikasi yang merupakan jurusan baru di SMK Ibnu Taimyah ini, Rumusan masalah dari penelitian ini adalah faktor faktor apa yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih sekolah menengah kejuruan Ibnu Taimyah Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kelompok referensi yang mempenaruhi perilaku konsumen dalam memilih Sekolah Menengah Kejuruan Ibnu Taimyah Pekanbaru untuk melanjutkan pendidikan ditingkat perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi yang menganalisa data yang diperoleh berdasarkan pengelolahan data primer dan data sekunder dengan priode proposional stratified random sampling untuk kemudian di tabulasikan serta dijelaskan korelasinya dengan teori - teori yang menunjuang pembahasan. Adapun untuk menganalisa data hasil questioner penulis menggunakan skala likert, dimana setiap jawaban yang tersedia diberi bobot nilai, dan untuk mengukur jarak/range untuk kelas penilaian responden dibatasi dengan nilai terkecil dan nilai terbesar. Hasil penelitian dengan menggunakan kuesioner kepada 88 orang responden menjelaskanfaktor referensi perilaku konsumen diatas secara keseluruhan mempengaruhi perilaku siswa dalam memilih bersekolah  secara rata - rata keseluruhan sebesar 4,7.

Published
2017-10-05
How to Cite
AFWA, Awliya. ANALISIS FAKTOR KELOMPOK REFERENSI PERILAKU KONSUMEN DALAM SISWA MEMILIH BERSEKOLAH DI SMK IBNU TAIMYAH PEKANBARU. VALUTA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 220-240, oct. 2017. ISSN 2622-6081. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/1963>. Date accessed: 23 oct. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.