FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG

Studi Pengguna Smartphone Merek Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Islam Riau

  • Ikko Julianda Universitas Islam Riau
  • Eka Komalasari Universitas Islam Riau

Abstract

Hadirnya merek-merek handphone baru dewasa ini karena banyak perusahaan menangkap adanya peluang dalam bidang teknologi komunikasi. Kehadiran merek-merek baru ini tentunya meramaikan produk yang sudah ada, akan tetapi kehadiran para kompetitor jelas memperketat persaingan yang sudah hadir sebelumnya. Selera konsumen yang selau berubah-ubah dalam pembelian menjadi hal yang menarik untuk diteliti, sebenarnya apa faktor yang mendasari konsumen dalam pembelian produk. Salah satu produk handphone yang sedang berkembang saat ini adalah smartphone Samsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian Smartphone Merek Samsung. Penelitian ini bersifat survey deskriptif dengan pendekatan metode  kuantitatif, yaitu untuk menjelaskan suatu hal dengan pengamatan dan penarikan kesimpulan berdasarkan hasil analisis data yang mendukung. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Lokasi penelitian dilakukan di Universitas Islam Riau karena mahasiswa merupakan kelompok yang relative suka bergonta-ganti merek smartphone. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan pada mahasiswa pengguna smartphone Samsung di Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Islam Riau. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian smartphone Samsung pada mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Islam Riau yaitu faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Hal ini disimpulkan dari skor total jawaban kuisioner yang telah diisi responden, dimana hampir seluruh responden menyatakan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis mempengaruhi keputusan pembelian smartphone Samsung.

Published
2017-04-01
How to Cite
JULIANDA, Ikko; KOMALASARI, Eka. FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG. VALUTA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 173-176, apr. 2017. ISSN 2502-1419. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/1294>. Date accessed: 27 may 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.