ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENDAPATKAN DANA PINJAMAN MODAL USAHA PADA UNIT LAYANAN MODAL MIKRO (ULAMM) DI KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU

  • Ririn Desrika Asman Universitas Islam Riau
  • Rosmayani Rosmayani Universitas Islam Riau

Abstract

Unit Layanan Modal Mikro (ULAMM) merupakan layanan pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil yang disertai bimbingan  untuk mengembangkan usahanya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam mendapatkan dana pinjamn modal usaha di Unit Layanan Modal Mikro (ULAMM) Ujung  Batu. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang menekankan analisis pada data-data numerical (angka) yang diolah dengan metode estatistika, sehingga dapat diperoleh hasil penilain terhadap setiap variabel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara daftar pertanyaan (kuisioner), wawancara, observasi. Dan menggunakan teknik penarikan sampel yaitu teknik insidintal sampling untuk penarikan sampel pada 30 konsumen.Adapun operasional variable penelitian ini adalah Kebudayaan, Sosial, Pribadi, Psikologis. Hasil penelitian ini untuk semua indikator yaitu kategori  mempengaruhi. Kesimpulan dari penelitian menunjukan bahwa analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam mendapatkan dana pinjaman modal usaha di Unit Layanan Modal Mikro (ULAMM) di Ujung Batu dari 4 indikator  adalah  mempengaruhi. Saran penulis adalah Unit Layanan Modal Mikro (ULAMM) Ujung Batu untuk lebih mempromosikan prodaknya kemasyarakat agar masyarakat luas mengetahui unit layanan modal mikro (ULAMM).

Published
2017-04-01
How to Cite
ASMAN, Ririn Desrika; ROSMAYANI, Rosmayani. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM MENDAPATKAN DANA PINJAMAN MODAL USAHA PADA UNIT LAYANAN MODAL MIKRO (ULAMM) DI KECAMATAN UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU. VALUTA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 40-78, apr. 2017. ISSN 2502-1419. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/valuta/article/view/1290>. Date accessed: 27 may 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.