PERANCANGAN MESIN PENGADUK TEPUNG TIPE HORIZONTAL DENGAN MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK SEBAGAI PENGGERAK DAN PULLEY SEBAGAI PUTARAN DAYA

  • rahmad cahyono teknik mesin universitas islam riau

Abstract

Abstrak


 


Perancangan alat ini memiliki tujuan untuk mendesain alat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di UKM (Usaha kecil menengah) sehingga dapat mempermudah pekerjaan dilapangan. Untuk pengoperasian mesin pengaduk tepung tipe horizontal ini menggunakan motor listrik sebagai penggerak dan pulley sebagai putaran daya. Sementara pergerakan pisau pengaduk menggunakan batang panjang 20 cm dan diameter 1,5 cm. spesifikasi mesin pengaduk tepung tipe horizontal ini adalah menggunakan motor listrik 4 Hp dengan putaran 2440 rpm dengan daya 2,98 KW dan pulley sebagai penerus putaran daya dengan kecepatan 0,0097 m/s. Dari hasil pengujian untuk kecepatan pengaduk adalah 3 menit untuk berat tepung adalah 15 Kg dimana untuk kapasitas mesin pengaduk tepung ini adalah 300 Kg/jam. dengan adanya mesin pengaduk tepung tipe horizontal ini proses kerja pengadukan tepung semakin cepat dan produksi semakin banyak, dan diharapkan alat ini dapat digunakan dan dikembangkan untuk masyrakat usaha kecil menengah.


 


Kata kunci : Motor Induksi,  Poros, Defleksi, Gaya, Dan  Kecepatan Pulley.


 

Published
2018-09-30
How to Cite
CAHYONO, rahmad. PERANCANGAN MESIN PENGADUK TEPUNG TIPE HORIZONTAL DENGAN MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK SEBAGAI PENGGERAK DAN PULLEY SEBAGAI PUTARAN DAYA. Journal of Renewable Energy & Mechanics (REM), [S.l.], v. 1, n. 02, p. 48-67, sep. 2018. ISSN 2614-8315. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/REM/article/view/1330>. Date accessed: 17 dec. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.