ANALISA JUMLAH SUSUNAN MATA RANTAI PERONTOK JAGUNG TERHADAP DAYA EFEKTIF DAN LAJU PRODUKSI PEMIPIL PADA MESIN PERONTOK JAGUNG

  • arifki harnas rifki analisa susunan mata rantai perontok jagung terhadap daya efektif dan laju produksi pemipil pada mesin perontok jagung

Abstract

ABSTRAK


 


Perancangan ini memiliki tujuan untuk mendesign alat baru dan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat / petani dalam mengolah hasil pertanian. Dengan adanya perancangan alat, diharapkan mampu menemukan inovasi-inovasi alat untuk membantu kehidupan masyarakat. Rancangan adalah tahap setelah analisis dari siklus pengembangan sistem yang dapat berupa penggambaran, perencanaan dan pembuatan sketsa dari beberapa elemen yang terpisah ke dalam satu kesatuan yang utuh dan berfungsi. Hasil rancangan dan analisa alat ini didapatkan daya penggerak 3,5 PK dengan putaran mesin 4000 rpm. Komponen utama rancangan ini adalah mata rantai terbuat dari poros panjang 120 cm sebagai mata perontok dan rantai senagai mata pisau. Hasil analisa perhitungan yang diperoleh dari susunan mata rantai yang efektif adalah 11 susunan. Diameter poros  adalah 3 cm dengan bahan poros ST.37 yang  ditambah rantai untuk mata pemipil. Hasil pengembangan alat perontok jagung ini menghasilkan peningkatan produksi setelah menggunakan 11 susun mata rantai 516kg perjam dibandingkan susunan mata rantai sebelumnya yang berjumlah 8 susunan yang hanya 412kg perjam.


Kata kunci :  Daya, Putaran, Poros.

Published
2018-09-30
How to Cite
RIFKI, arifki harnas. ANALISA JUMLAH SUSUNAN MATA RANTAI PERONTOK JAGUNG TERHADAP DAYA EFEKTIF DAN LAJU PRODUKSI PEMIPIL PADA MESIN PERONTOK JAGUNG. Journal of Renewable Energy & Mechanics (REM), [S.l.], v. 1, n. 02, p. 9-22, sep. 2018. ISSN 2614-8315. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/REM/article/view/1329>. Date accessed: 17 dec. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.