ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NURUL FALAH TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Article Content

Iryani Iryani Radiusni Radiusni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Nurul Falah Pekanbaru yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian  ini adalah  penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari fenomena obyek yang  diteliti dan dibandingkan dengan teori yang  sesuai dengan masalah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Nurul Falah Pekanbaru dari bulan April sampai dengan selesai. Subjek pada penelitian ini adalah guru ekonomi kelas X dan XI, beberapa orang siswa kelas X dan XI, dan Kepala Sekolah. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara  dan dokumentasi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komponen RPP yang ada di dalam RPP yang dibuat oleh guru ekonomi di kelas X IIS2 belum sesuai dengan komponen RPP dalam Permendikbud No. 103 Tahun 2014. Begitu juga dengan RPP yang dibuat oleh guru ekonomi di kelas XI juga belum sesuai dengan komponen RPP dalam Permendikbud No.103 Tahun 2014. (2) guru ekonomi di kelas X IIS2 dan XI IIS sudah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik namun belum sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang adadi Permendikbud No.103 Tahun 2014. (3) Guru ekonomi baik guru kelas X IIS2 dan X IIS sudah melakukan penilaian tetapi belum sesuai dengan penilaian yang ada pada Permendikbud No. 23 Tahun 2016 yang terdiri dari penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Article Details

How to Cite
IRYANI, Iryani; RADIUSNI, Radiusni. ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NURUL FALAH TAHUN AJARAN 2016/2017. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 75-84, mar. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1324>. Date accessed: 25 june 2018.
Section
Articles