PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN BOLA VOLLY DI KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Main Article Content

Maslikan Maslikan

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang paling pokok dimana berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan bergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami peserta didik. Untuk itu diperlukan kreatifitas seorang guru untuk mengembangkan proses pembelajaran yaitu dengan metode dan media yang tepat dalam proses belajar mengajar di kelas. Inovasi media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian dan meningkatkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran di sekolah, salah satunya pada mata pelajaran olahraga. Mata pelajaran olahraga merupakan matapelajaran wajib untuk kelas MIPA dan IPS di SMA, yangberkembang berdasarkan pada pengamatan terhadap fenomena alam. Ilmu olahraga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari karena merupakan untuk membuat manusia terhindar dari yang namanya penyakit. Bola vollyadalah salah satu pokok bahasan pada mata pelajaran olahraga yang dipelajari di kelas XII SMA yang menerapkan Kurikulum 13. Bola volly merupakan pokok bahasan yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas XII pada semester ganjil yang bersifat hafalan dan berisi materi yang abstrak sehingga membutuhkan pemahaman konsep lebih. Guru dalam proses pembelajaran dapat menggunakan media pembelajaran untuk menarik perhatian peserta didik terhadap materi yang diajarkan sehingga tercipta suasana menyenangkan. Penggunaan media pembelajarankotak dan kartu misterius (KOKAMI) dalam proses pembelajaran memungkinkan seorang guru dapat menarik minat dan perhatian peserta didik untuk ikut aktif terlibat dalam proses pembelajaran, dimana dengan menggunakan media pembelajaran ini mampu merangsangpeserta didik untuk berpikir inovatif, kreatif, dan kritis. Media pembelajaran kotak dan kartu misterius (KOKAMI) terdiri dari suatu kotak dan kartu misterius, dikatakan misterius karena kartu dimasukkan ke dalam amplop yang kemudian amplop diletakkan didalam suatu kotak sehingga isi dari kartu tersebut tidak diketahui. Isi dari kartu dapat berupa materi, pertanyaan, gambar, perintah maupun suatu petunjuk, bonus serta sanksi. Penggunaan media pembelajaran kotak dan kartu misterius (KOKAMI)dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 2 Pekanbarudengan persentase rata-rata siklus I sebesar 72,53% dan siklus II sebesar 88,82% dan ketuntasan belajar peserta didik dengan persentase siklus I sebesar 89,47% dan siklus II sebesar 100%.


 

Article Details

How to Cite
MASLIKAN, Maslikan. PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK DAN KARTU MISTERIUS (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN BOLA VOLLY DI KELAS XII MIPA 1 SMA NEGERI 2 PEKANBARU. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 178-187, feb. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1196>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles