PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BAMBOO DANCING (TARI BAMBU)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN TEKS FAKTUAL ILMIAH DI KELAS XII MIPA 2 SMA NEGERI 2 PEKANBARU

Main Article Content

Etika Dewayani

Abstract

Kegiatan belajar mengajar merupakan proses mencapai tujuan pengajaran. Guru bertindak sebagai pengajar memberikan pengajaran kepada peserta didik sehingga terjadi peningkatan dalam kemampuan belajar. Belajar mengajar adalah kegiatan bernilai edukatif ditandai dengan terjadinya interaksi antara guru dengan peserta didik. Interaksi dikatakan bernilai edukatif karena kegiatan belajar mengajar yang dilakukan diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Guru merencanakan kegiatan pembelajaran secara sistematis untuk kepentingan pengajaran. Proses belajar dapat ditingkatkan apabila guru bisa memilih dan menerapkan cara pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Apabila guru berhasil menciptakan suasana yang menyebabkan peserta didik lebih percaya diri, termotivasi aktif serta terjadinya interaksi dalam proses pembelajaran, maka kemungkinan terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik akan semakin besar. Model pembelajaran yang diterapkan dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik sehingga peserta didik lebih tertarik untuk mempelajari suatu mata pelajaran, seperti bahasa inggris. Bahasa Inggris adalah cabang ilmu bahasa dipelajari di SMA atau sederajat yang mempelajari tentang struktur, susunan, dari sebuah kalimat. Materi bahasa inggris berisi konsep-konsep, mulai dari konsep sederhana sampai pada konsep yang lebih kompleks dan abstrak, dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Salah satu pokok bahasan bahasa inggris yang dipelajari di kelas XII MIPA/IPS SMA adalah teks ilmiah faktual.


Teks ilmiah faktual merupakan pokok bahasan yang bersifat hafalan dan pemahaman sehingga diperlukan pemahaman konsep yang baik dari peserta didik. Pada pokok bahasan teks faktual ilmiah, materi yang dipelajari adalah fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, dan topik dalam teks faktual ilmiah. Penerapan model pembelajaran yang tepat diharapkan dapat menciptakan suasana dimana peserta didik termotivasi aktif sehingga terjadi interaksi antar peserta didik dalam proses pembelajaran. Adanya keaktifan dan interaksi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran diharapkan kegiatan pembelajaran lebih bermakna sehingga hasil belajar dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan keaktifan, interaksi, dan pemahaman peserta didik dalam belajar kimia adalah model pembelajaran kooperatif bamboo dancing (tari bambu). Pembelajaran kooperatif adalah sistem kerja atau belajar kelompok yang terstruktur. Ada lima unsur pokok dalam pembelajaran kooperatif yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja, dan proses kelompok. Pada pembelajaran kooperatif, peserta didik diarahkan untuk bisa bekerja sama, mengembangkan diri, dan bertanggung jawab secara individu. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai dari siklus pertama, siklus kedua daan siklus ketiga secara berturut-turut (82,10%), (83,63%) dan (87,16%).

Article Details

How to Cite
DEWAYANI, Etika. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BAMBOO DANCING (TARI BAMBU)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN TEKS FAKTUAL ILMIAH DI KELAS XII MIPA 2 SMA NEGERI 2 PEKANBARU. PEKA, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 161-171, feb. 2018. ISSN 2598-3253. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1194>. Date accessed: 18 aug. 2018.
Section
Articles