PERBEDAAN MOTIF PENGGUNAAN INTERNET ANTAR GENDER SEBAGAI BENTUK BARU KESENJANGAN DIGITAL

  • Putri Limilia UNPAD
  • Puji Prihandini Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu cepat menciptakan suatu permasalahan sosial baru di tengah masyarakat yaitu kesenjangan digital. Di awal kemunculannya, kesenjangan digital diartikan sebagai kesenjangan antara yang memiliki teknologi/internet dan yang tidak. Saat ini, konsep kesenjangan digital sudah berubah dan meluas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesenjangan digital antar jender dalam konteks motif penggunaan internet. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa catatan harian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Informan dari penelitian ini adalah dua belas orang mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan motivasi terbesar mahasiswa menggunakan internet adalah untuk berinteraksi, mengisi waktu luang, dan mencari hiburan. Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat kesenjangan motivasi di antara laki-laki dan perempuan. Kesenjangan tersebut akan mempengaruhi manfaat yang akan didapat.


 

Published
2018-12-10
How to Cite
LIMILIA, Putri; PRIHANDINI, Puji. PERBEDAAN MOTIF PENGGUNAAN INTERNET ANTAR GENDER SEBAGAI BENTUK BARU KESENJANGAN DIGITAL. MEDIUM, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 1-14, dec. 2018. ISSN 2615-1308. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/2003>. Date accessed: 25 june 2019. doi: https://doi.org/10.25299/medium.2018.vol6(2).2003.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.