Hubungan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah dan Kinerja Guru Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa SMP Negeri Se-Kota Tasikmalaya

  • Melya Nur Herliana UNIVERSITAS SILIWANGI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  hubungan peran kepemimpinan kepala sekolah, Iklim organisasi sekolah, dan kinerja guru dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi peneltian ini adalah guru olahraga sekolah menengah pertama di Kota Tasikamalaya sebanyak 40 guru. Seluruh populasi menjadi responden penelitian. Instrumen penelitian menerapkan teknik kuisioner dan wawancara. Analisis data yang dilakukan oleh penulis meliputi uji  koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji t serta uji F. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah, iklim organisasi sekolah dan kinerja guru memiliki hubungan positif dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan peserta didik SMPN se-Kota Tasikmalaya.

Published
2017-12-01
How to Cite
HERLIANA, Melya Nur. Hubungan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Sekolah dan Kinerja Guru Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Siswa SMP Negeri Se-Kota Tasikmalaya. JOURNAL SPORT AREA, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 44-52, dec. 2017. ISSN 2528-584X. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/JSP/article/view/880>. Date accessed: 16 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.25299/sportarea.2017.vol2(2).880.
Section
Articles