Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menganalisis Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Sepak Bola

  • Zulvan Novion SMA Negeri 5 Pekanbaru

Abstract

Setiap pembelajaran yang dilakukan memiliki fokus dan tujuan utama yaitu hasil belajar. Hasil belajar dapat berupa akademik, perilaku, etika sosial. Berdasarkan observasi yang dilakukan terkait pembelajaran penjasorkes SMA kelas X materi teknik Passing masih rendah, ditandai dengan perhatian peserta didik selama pembelajaran yang kurang kondusif yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Salah satu metode pembelajaran yang menciptakan pembelajaran menyenangkan, membuat peserta didik aktif untuk menguasai pengetahauan melalui pembelajaran kooperatif Teams Games Turnament yang mengutamakan kerjasama kelompok dan kompetisi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas X 1 SMA Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Metode yang digunakan yaitu Penelitan Tindakan Kelas dengan dua siklus. Berdasarkan penelitian, ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I menunjukkan bahwa peserta didik yang tuntas sebanyak 31 orang dengan persentase 88% sedangkan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase 12%. Hasil tes siklus II menunjukkan bahwa seluruh peserta didik tuntas dengan persentase 100% dengan rata-rata klasikal yaitu 93. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk kelas X 1 SMA Negeri 5 Pekanbaru berhasil meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik.

Published
2018-06-29
How to Cite
NOVION, Zulvan. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menganalisis Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Sepak Bola. JOURNAL SPORT AREA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 87-93, june 2018. ISSN 2528-584X. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/JSP/article/view/1412>. Date accessed: 14 nov. 2018. doi: https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1412.
Section
Articles