Hubungan Motor Educability dan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Putra Kelas X SMA Budi Mulia Jakarta

  • Vian Octrialinanggih Pradana Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta
  • Aditya Noval

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan Motor educability(X1) dan Percaya diri(X2) dengan hasil belajar renang gaya bebas(Y). Sampel penelitian dengan simple random sampling sebanyak 30 siswa putra kelas X SMA Budi Mulia Jakarta. Instrumen penelitian tes motor educability dengan IOWA BRACE TEST, tes percaya diri menggunakan angket percaya diri, tes hasil belajar renang gaya bebas dengan hasil belajar renang gaya bebas. Analisis  data menggunakan teknik korelasi sederhana dan berganda, dilanjutkan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) nilai korelasi (rx1y) = 0,64 dengan thitung = 4,41 > ttabel = 2,05, yang berarti bahwa terdapat hubungan positif antara (X1) dengan (Y), diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,4096 yang berarti konstribusi (X1) dengan (Y) sebesar 40,96%; (2) diperoleh nilai korelasi (rx2y) = 0,73 dengan thitung = 5,76 > ttabel = 2,05 yang berarti bahwa terdapat hubungan positif antara (X2) dengan (Y), diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,5329 yang berarti konstribusi (X2) dengan (Y) sebesar 53,29%; (3) dan nilai korelasi (rx1-2y) = 0,88 dengan Fhitung =46,34 > Ftabel = 3,35 yang menyatakan terdapat hubungan positif antara (X1) dan (X2) dengan (Y) diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,7744 yang berarti bahwa konstribusi (X1) dan (X2) dengan (Y) sebesar 75,69%.

Published
2018-06-29
How to Cite
PRADANA, Vian Octrialinanggih; NOVAL, Aditya. Hubungan Motor Educability dan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Putra Kelas X SMA Budi Mulia Jakarta. JOURNAL SPORT AREA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 79-86, june 2018. ISSN 2528-584X. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/JSP/article/view/1316>. Date accessed: 18 nov. 2018. doi: https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1316.
Section
Articles