Pengembangan Model Permainan Atletik Anak Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lari Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di SLB Negeri Kabupaten Karawang

  • Akhmad Dimyati Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk permainan atletik nomor lari melalui permainan Atletik Anak untuk siswa SLB. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan diciptakan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, serta menggunakan hasil pengamatan dilapangan yang diperoleh dari siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk sebesar 83,66% dengan kriteria “baik”. Oleh karena itu dapat digunakan. Data hasil pengamatan dan kuisioner siswa pada uji coba skala kecil diperoleh rata- rata dengan persentase 67,96% dengan kriteria “cukup baik”. Data hasil pengamatan dan kuisioner siswa uji coba skala besar diperoleh rata-rata dengan persentase 76,45% dengan kriteria “baik”. Pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar terjadi peningkatan hasil pengamatan dan kuisioner siswa dengan persentase 8%. Dari data yang maka dapat disimpulkan bahwa model permainan atletik anak dalam pembelajaran gerak dasar lari ini dapat digunakan bagi siswa berkebutuhan khusus (tunarungu) SLB Negeri Karawang karena dapat diterima siswa dan menghasilkan produk pembelajaran. Berdasarkan data hasil penelitian, diharapkan bagi guru pada Sekolah Dasar Luar Biasa dapat menggunakan model permainan atletik anak yang sehingga dapat meningkatkan kemampuan atletik nomor lari dengan baik. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternative penyampaian materi pembelajaran atletik nomor lari pada siswa Sekolah Dasar Luar Biasa.

Published
2017-12-01
How to Cite
DIMYATI, Akhmad. Pengembangan Model Permainan Atletik Anak Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Lari Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Di SLB Negeri Kabupaten Karawang. JOURNAL SPORT AREA, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 19-26, dec. 2017. ISSN 2528-584X. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/JSP/article/view/1031>. Date accessed: 25 may 2018. doi: https://doi.org/10.30814/sportarea.v2i2.1031.
Section
Articles