Model Pengenalan Benda Bersejarah Indonesia Bagi Wisatawan Berbasis Augmented Reality

  • Erizal M.Kom Universitas Respati Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini akan membangun model pembelajaran melalui pengenalan jenis dan bentuk benda bersejarah di Indonesia berbasis 3D dengan konsep augmented reality. Jika diterapkan pada dunia nyata, aplikasi ini akan memudahkan para wisatawan untuk belajar mengenai jenis-jenis benda bersejarah Indonesia melalui gambar interaktif yang terkoneksi dengan aplikasi berbasis jaringan internet.

References

[1] Yostab, M , Padma C, “Augmented Reality Book Pengenalan Perangkat Gamelan Bali” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) Volume 2, Nomor 5, Juli 2013
[2] Rifa’i M , Listyorini1, Latubessy A“ Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Android ” Prosiding SNATIF Ke-1 2014.
[3] Bowo A. D., 2013 Hariadi Mochammad, Mardi Supeno. 2011, Simulasi Perilaku Pergerakan Objek 3D Media Augmented Reality Berbasis Logika FUZZY , Diakses tanggal 3 Maret 2013
[4] Aditya R, Eko S, Irma P, Bimo S “Implementasi Augmented Reality Di Museum: Studi Awal Perancangan Aplikasi Edukasi Untuk Pengunjung Museum” CITEE 2014
Published
2018-03-29
How to Cite
M.KOM, Erizal. Model Pengenalan Benda Bersejarah Indonesia Bagi Wisatawan Berbasis Augmented Reality. INFORMATION TECHNOLOGY JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 62 - 67, mar. 2018. ISSN 2528-4053. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/ITJRD/article/view/989>. Date accessed: 25 apr. 2018.
Section
Articles