Prototype Pendeteksi Jumlah Orang Dalam Ruangan

  • adri saputra
  • nesi syafitri

Abstract

Penelitian ini berisikan tentang suatu sistem deteksi wajah pada manusia dengan menggunakan metode Viola Jones. Metode Viola Jones dikenal memiliki kecepatan dan keakuratan yang tinggi karena menggabungkan beberapa konsep (Haar Features, Integral Image, AdaBoost, dan Cascade Classifier) menjadi sebuah metode utama untuk mendeteksi objek. Banyak dari sistem deteksi tersebut menggunakan OpenCV sebagai librari deteksi objek. Hal ini dikarenakan librari OpenCV menerapkan metode Viola Jones kedalam sistem deteksinya, sehingga memudahkan dalam pembuatan sistem. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa sampel gambar sebanyak 19 citra. Dimensi sampel citra berukuran 300 x 400 pixel dan 400 x 300 pixel. Setelah sistem selesai dibuat, dilakukan pengujian sistem terhadap karakteristik wajah yang dapat dideteksi. Ketika dilakukan pengujian wajah manusia dalam keadaan frontal, sistem mampu
mendeteksi dengan akurasi 100% dan waktu deteksi kurang dari 0.15 detik dan batasan jarak wajah yang dapat dideteksi adalah <= 2,3 m dari kamera. Sistem juga dapat mendeteksi adanya beberapa wajah dalam suatu citra.

Published
2017-08-30
How to Cite
SAPUTRA, adri; SYAFITRI, nesi. Prototype Pendeteksi Jumlah Orang Dalam Ruangan. INFORMATION TECHNOLOGY JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 36 - 48, aug. 2017. ISSN 2528-4053. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/ITJRD/article/view/678>. Date accessed: 25 nov. 2017.
Section
Articles