Augmented Reality Bangunan Bersejarah Berbasis Android (Studi Kasus : Istana Siak Sri Indrapura)

  • mega restu
  • ause labellapansa

Abstract

Istana Siak Sri Indrapura merupakan salah satu bangunan peninggalan bersejarah yang ada di Riau yang biasa dikenal sebagai Istana Siak . Minat masyarakat terhadap bangunan bersejarah bisa saja semakin berkurang dikarenakan kurangnya informasi yang diperoleh. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan semakin berkurang pula pengetahuan generasi yang akan datang terhadap sejarah yang ada di negeri sendiri. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan
menggunakan bantuan komputer melalui pembuatan aplikasi Augmented Reality (AR). AR adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual. Aplikasi dengan AR ini digunakan untuk Istana Siak Sri Indrapura berbasis android sehingga dapat menarik minat masyarakat serta mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang Istana Siak. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan mengarahkan kamera aplikasi ke marker yang telah tersedia sehingga menampilkan objek 3D. Marker yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga buah yang menampilkan Istana Siak, Istana Siak lantai satu, dan Istana Siak lantai dua.

Published
2017-08-30
How to Cite
RESTU, mega; LABELLAPANSA, ause. Augmented Reality Bangunan Bersejarah Berbasis Android (Studi Kasus : Istana Siak Sri Indrapura). INFORMATION TECHNOLOGY JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 1 - 12, aug. 2017. ISSN 2528-4053. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/ITJRD/article/view/676>. Date accessed: 26 sep. 2017.
Section
Articles