Sistem Aplikasi Pengelolaan Tugas Akhir Berbasis Mobile

Authors

  • Julianto Simatupang AMIK Mahaputra Riau
  • Muhammad Muhammad Manajemen Informatika, Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Mahaputra Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2339

Abstract

Pelaksanaan tugas akhir merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh program studi manajemen informatika AMIK Mahaputra Riau. Pengelolaan dan pengorganisasian tugas akhir dengan baik akan mempermudah semua pihak terkait dalam pelaksanaannya. Permasalahan yang ada saat ini, banyaknya prodesur administratif yang harus dilakukan oleh mahasiswa dan proses pengajuan tugas akhir yang masih manual sehingga mengakitbatkan program studi mengalami kesulitan dalam pengelolaan tugas akhir. Misalnya seperti proses penyajian informasi yang membutuhkan waktu yang lama karena harus menghitung satu per satu lembar pengajuan judul yang masuk dan membuat pengumuman hasil seleksi judul melalui majalah dinding kampus. Hal ini kurang efektif dan efisien sehingga diusulkan penerapan teknologi dalam pengelolaan tugas akhir. Oleh karena itu pengembangan sistem aplikasi menjadi solusi untuk pengelolaan tugas akhir sehingga dapat mempermudah mengkordinir dan mengelola tugas akhir. Sistem aplikasi yang dimaksud adalah berbasis mobile khususnya android sehingga mahasiswa kapan dan dimana saja dapat mengakses dan melihat informasi terkait tugas akhir dari smartphone mereka tanpa batas waktu dan jarak. Hasil pengujian sistem menunjukan bahwa sistem aplikasi pengelolaan tugas akhir telah berjalan sesuai  dengan kebutuhan program studi sehingga pelaksanaan kegiatan tugas akhir lebih efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Ruhul. “Aplikasi akademik online berbasis mobile android pada Universitas tama jagakarsa.” Jurnal Sains dan Teknologi Utama, Volume XI, Nomor 1. (2016).

https://kbbi.web.id, 2018.

Jogiyanto, Hartono. Analisis & Desain Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta, 2013

Nazruddin, Safaat., H, Pemrograman Aplikasi Mobile Smart phone Dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung, Informatika, 2015.

Rosa dan Salahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak terstruktur dan berorientasi Objek”, Bandung, Informatika, 2013.

Wahana Komputer, “Panduan Belajar MySQL Database Server”, Jakarta, 2010.

Downloads

Published

2019-02-23

How to Cite

Simatupang, J., & Muhammad, M. (2019). Sistem Aplikasi Pengelolaan Tugas Akhir Berbasis Mobile. IT Journal Research and Development, 3(2), 66–75. https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2339

Issue

Section

Articles