Analisis Kualitas Software Pada Pembangunan Mobile Game RPG Berdasarkan Kebutuhan Kualitas Untuk Mobile Game

Authors

  • Prakhas Candra Joni Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Caltex Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1901

Abstract

Mobile game merupakan aplikasi game yang terdapat dalam mobile phone. Ada beberapa genre mobile game yang berkembang saat ini, salah satunya yaitu Role Play Game (RPG). Berdasarkan survei yang dilakukan Agate Studio salah satu studio game yang produktif di Indonesia, game yang paling disukai gamer Indonesia sekarang saat ini adalah game bergenre Role Play Game (RPG). Hasil survei menunjukkan bahwa game RPG diperingkat pertama dengan presentase 46%. Namun masih sedikit developer game yang menjadikan game bergenre RPG sebagai game edukasi. Oleh karena itu , perlu dilakukan pengembangan edukasi bergenre RPG. Pada penelitian ini dilakukan analisis kualitas software pada pembangunan mobile game RPG berdasarkan kebutuhan kualitas untuk mobile game. model kualitas yang diusulkan untuk menganalisis kualitas mobile game adalah model kualitas untuk Mobile Game yang dikembangkan oleh Trisnadoli,dkk. Mobile game yang dibangun menggunakan kasus gigi yang bersifat edukasi sebagai pengimplementasian game untuk menganalisis kualitas game yang dihasilkan. Mobile game RPG dibangun dengan menggunakan tools Game Maker. Analisis hasil kualitas yang telah diusulkan membuktikan  kesesuaian dan kecocokan antara konsep mobile game RPG dengan nilai aktual dari masing-masing metrik yang di usulkan, rata-rata memiliki nilai kualitas yang baik dan sudah terpenuhi dari dua pengujian yang telah dilakukan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Trisnadoli, A., 2015. Analisis Kebutuhan Kualitas Perangkat Lunak Pada Software Game Berbasis Mobile. Komputer Terapan.

Budianto, A. 2014. Analisis dan Perancangan Game Edukasi "Need For Safety" Sebagai Sarana Pengenalan Rambu- Rambu Lalu Lintas untuk Anak Usia 6-12 Tahun.

Fuqoha, A. 2015. Pengembangan Game RPG (Role Play Game) Sebagai Media Pembelajaran dan Berbasis Guided Inquiry pada Materi Segiempat Dan Segitiga Untuk Siswa SMP Kelas VII.

Trisnadoli, A., hendradjaya, B., & Sunindyo, W. 2015. A Proposal og Quality Mode; for Mobile Games. ITB Bandung.

Pressman, R., 2010. Software Engineering :a Practitioner's Approach-Seventh Edition.New York: McGraw-Hill.

Panovski, G., 2008. Product Quality Software. Master’s Thesis. Eindhoven University of Technology.

Trisnadoli, A., 2016. Evaluasi Model Kualitas Untuk Mobile Game Pada Pengukuran Kualitas Mobile Game RPG.

Ramadan, R. & Widayani, Y., 2013. Game Development Life Cycle Guidelines.

Harumy, H. F., & Amrul, H. 2018. Aplikasi Mobile Zagiyan ( Zaringan Digital Nelayan ) Dalam Menunjang Produktivitas Dan Keselamatan , Dan Kesehatan Nelayan, 2(2), 52–61.

Yulianti, A., Zulhelmi, M., Studi, P., Informatika, T., Teknik, F., & Riau, U. I. (2018). Aplikasi Legalitas Surat Izin Mengemudi ( SIM ) Berbasis Mobile ( Studi Kasus : Polisi Resort Rengat ), 2(2), 34–44.

Downloads

Published

2018-08-30

How to Cite

Joni, P. C. (2018). Analisis Kualitas Software Pada Pembangunan Mobile Game RPG Berdasarkan Kebutuhan Kualitas Untuk Mobile Game. IT Journal Research and Development, 3(1), 62–71. https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1901

Issue

Section

Articles