Pembangunan Website E-CRM (Electronics Customer Relationship Management) pada House Of Smith Pekanbaru

  • Wirta Agustin STMIK Amik Riau
  • Radhi Adlan STMIK Amik Riau
  • Yoyon Efendi STMIK Amik Riau

Abstract

CRM (Customer Relationship Management) merupakan cara untuk pengelolaan relasi antara sebuah perusahaan didalam konsumsi produk atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut. Berkembangnya teknologi, metode CRM pun mulai dikembangkan menjadi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Banyaknya varian produk yang ditawarkan oleh House of Smith dapat dimanfaatkan sebagai strategi unggulan dalam menjaga loyalitas pelanggan. Perancangan aplikasi E-CRM pada House of Smith adalah membantu perusahaan mengetahui kebutuhan pelanggan secara personal serta mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan karakter konsumen dan memberikan informasi yang dibutuhkan, sehingga perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan pelanggan baru. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara langsung ke House of Smith. Hasil dari analisa dan perancangan aplikasi E-CRM berbasis web ini adalah membantu House of Smith untuk memenuhi kebutuhan pelanggan guna meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga tetap menjadi pelanggan setia. Aplikasi E-CRM ini merupakan alat interaksi yang menciptakan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan menjadi lebih baik

References

[1] Nelly, Hudiarto, and R. Yudhika, “Perancangan E-Customer Relationship Management Pada PT Starsindo Logistics,” ComTech, vol. 1, no. 2, pp. 449–460, 2010.
[2] I. G. So, “Analisis Perancangan Customer Relationship Management Berbasis Web Pada Pt Asp Jakarta Pendahuluan Latar Belakang Perumusan Masalah Tinjauan Teoritis,” BINUS Bus. Rev., vol. 2, no. 1, pp. 100–114, 2011.
[3] K. Tsiptsis and A. Chorianopoulos, “Data Mining Techniques in CRM: Inside Customer Segmentation,” in 1, 2009, p. 373.
[4] D. Nia, Kumaladewi., “Rancang Bangun Sistem Informasi Customer Relationship Management ( CRM ) Airport Special Assistance,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf. 2013, 2013.
[5] M. Rifai, A. Rosidi, and S. a Syahdan, “Relationship Management ) Pada Showroom Pt . Tropica Nucifera Industry Yogyakarta,” J. Ilm. SISFOTENIKA, vol. 5, no. 1, pp. 1–12, 2015.
[6] P. Soepomo, M. Utam, and T. Yogyakarta, “Pembuatan Model Crm ( Customer Relationship Management ) Di PT . Mandar Utama Tiga Yogyakarta Dengan Metode Operational , Analytical Dan,” vol. 3, pp. 49–59, 2015.
[7] D. Bhardwaj, “Building Data Mining Application for Customer Relationship Management,” vol. 3, no. 1, pp. 33–37.
[8] V. R. Hananto, A. D. Churniawan, and A. P. Wardhanie, “Perancangan Analytical CRM untuk Mendukung Segmentasi Pelanggan di Institusi Pendidikan,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 11, no. 1, pp. 79–88, 2017.
[9] F. Buttle, “Customer Relationship Management: Concepts and Technologies,” in 2, 2009, p. 523.
[10] D. C. and P. Smith, Emarketing Excellence: Planning and optimizing your digital marketing. 2013.
Published
2018-12-10
How to Cite
AGUSTIN, Wirta; ADLAN, Radhi; EFENDI, Yoyon. Pembangunan Website E-CRM (Electronics Customer Relationship Management) pada House Of Smith Pekanbaru. IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 9 - 18, dec. 2018. ISSN 2528-4053. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/ITJRD/article/view/1893>. Date accessed: 21 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.25299/itjrd.2019.vol3(2).1893.
Section
Articles