Analisa QOS (Quality Of Service) Jaringan Internet Di Teknik Elektro Politeknik Negeri Sriwijaya

Authors

  • Irma Suryani Jurusan Teknik Elektro, Prodi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Lindawati Lindawati Jurusan Teknik Elektro, Prodi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Irma Salamah Jurusan Teknik Elektro, Prodi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1846

Keywords:

Delay, Packetloss, Quality of Service

Abstract

Politeknik Negeri Sriwijaya adalah lembaga pendidikan yang memfasilitasi setiap gedung perkuliahan dengan jaringan internet. Penggunaan teknologi internet merupakan persyaratan yang sangat penting bagi setiap mahasiswa. Internet sebagai alat pendukung untuk melakukan kegiatan perkuliahan. Untuk mendukung semua kegiatan diperlukan jaringan internet yang berkualitas baik. Pengukuran parameter QoS (Quality Of Service) digunakan untuk mengetahui faktor-faktor dan kategori kualitas layanan internet di Politeknik Negeri Sriwijaya, terutama dalam gedung perkuliahan teknik elektro. Penelitian ini menggunakan parameter QoS yaitu delay dan packetloss yang akan ditampilkan menggunakan software wireshark. Pengukuran parameter QoS dilakukan ketika melakukan layanan terhubung ke jaringan internet yaitu downloading dan streaming. Hasil monitoring dan pengukuran dilakukan dengan kualitas layanan jaringan internet di Politeknik Teknik Sriwijaya khususnya di gedung kuliah Teknik Elektro dikategorikan sebagai "sangat baik".

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. B. Gunawan, “Analisa QoS dan RMA pada Hotspot Mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta,” 2017.

Novendra, Yoldi, Yudhi Arta, & Apri Siswanto. " Analisis Perbandingan Kinerja Routing OSPF Dan EIGRP." IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, 2.2 (2018): 97 – 106.

E. P. Manru, “Analisa Kinerja Jaringan W-LAN Pada Perangkat Access Point 802.11/g (Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Teknik Riau),” Jom FTEKNIK, vol. 3, 2016.

N. Azizah, “Analisis Quality Of Service Jaringan Internet Jawa Pos National Network Medialink Pontianak,” 2016.

P. Wulandari, “Monitoring dan Analisis QoS (Quality Of Service) Jaringan Interenet pada Gedung KPA Politeknik Negeri Sriwijaya dengan Metode Drive Test,” SNATIF, vol. 4, 2017.

M. Ma, M. K. Denko and Y. Zhang, Wireless Quality Of Service, New York: Taylor & Francis Group, 2009.

D. Minoli, Hotspot Networking, The McGraw-Hill Companies, 2003.

A. Hidayat, “Analisa Quality Of Service (QOS) Jaringan Internet Kampus (Studi Kasus : UIN Suska Riau),” UIN SUSKA RIAU, Riau, 2014.

R. S. P, “Analisa Perbandingan QOS VOIP pada jaringan OSPF dan RIP”.

W. Sugeng, “Real Time System Pada Jaringan Komputer,” Jurnal Informatika.

M. Ali, “Analisa Kualitas Parameter QoS Radio Streaming Menggunakan Shoutcast Pada Perangkat 802.11 G,” Universitas Jember, Jember, 2015.

Y. A. Pranata, “Analisis Optimasi Kinerja QoS Pada Layanan Komunikasi Data Menggunakan NS-2 Di PT. PLN (PERSERO) Jember,” Universitas Jember, Jember, 2016.

Fathoni, “Evaluasi Kualitas dan Pengguna Jaringan Internet,” Jurnal Informatika, pp. 51-64, 2015.

R. Wulandari, “Analisis Qos (Quality Of Service) Pada Jaringan Internet (Studi Kasus : Upt Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon – Lipi),” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, pp. 162-172, 2016.

Downloads

Published

2018-08-30

How to Cite

Suryani, I., Lindawati, L., & Salamah, I. (2018). Analisa QOS (Quality Of Service) Jaringan Internet Di Teknik Elektro Politeknik Negeri Sriwijaya. IT Journal Research and Development, 3(1), 32–42. https://doi.org/10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1846

Issue

Section

Articles