Sistem Pakar Sebagai Alat Bantu Untuk Pendekatan Diagnosis Penyakit Thalasemia Pada Anak Menggunakan Metode Dempster-Shafer

  • Reza Amelia Universitas Islam Riau
  • Ause Labellapansa Universitas Islam Riau
  • Apri Siswanto Universitas Islam Riau

Abstract

Penyakit Thalasemia adalah salah satu jenis penyakit kelainan darah bawaan. Penyakit ini biasanya ditandai dengan dengan kondisi sel darah merah (eritrosit) yang mudah rusak atau lebih pendek umurnya dari sel darah normal pada umumnya, yaitu 120 hari. Kondisi ini diturunkan orang tua kepada anaknya sejak dalam kandungan. Penelitian ini mengembangkan aplikasi sistem pakar yang dapat melakukan diagnosa penyakit Thalasemia pada anak dengan menerapkan metode Dempster Shafer pada proses diagnosa gejala-gejala dari penyakit yang menyertai penyakit Thalasemia. Metode Dempster Shafer digunakan sebagai metode untuk menghitung nilai kepercayaan atas gejala-gejala yang dipilih. Dengan cara membandingkan setiap nilai bobot dari 2 gejala awal yang dipilih untuk seterusnya dibandingkan dengan nilai bobot gejala-gejala lain. Sehingga menghasilkan gejala baru yang mengarah kepada suatu penyakit disertai dengan nilai keyakinannya. Hasil implementasi sistem dengan persentase 76% menunjukkan bahwa sistem pakar ini mampu mendiagnosa awal jenis penyakit Thalasemia yang diderita oleh anak disertai dengan nilai keyakinan dan solusi yang tepat untuk jenis penyakit yang diderita.

References

[1] Ardinasari., 2016., Buku Pintar Mencegah & Mengobati Penyakit Bayi & Anak., Bestari.,Jakarta.
[2] Desiani, Anita., Arhami, Muhammad., 2006,Konsep Dasar Sistem Pakar, Andi, Yogyakarta.
[3] Ditta, Amelia, Diah, Nugroho, Erwin, 2012, Aplikasi Diagnosa Penyakit Leukimia Menggunakan Metode Dempster-shafer Berbasis Web, Jurnal Teknik Informatika, Vol. 1 September 2012.
[4] Kadir, Abdul, 2003, Pemrograman Web Mencakup: HTML, CSS, JAVASCRIPT & PHP, Andi Offset, Yogyakarta.
[5] Kusumadewi, Sri,. 2003,Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Graha Ilmu, Yogyakarta.
[6] Ladjamudin, Bin Albahra, 2006, Rekayasa Perangkat Lunak, Graha Ilmu, Yogyakarta
[7] Puspitosari, Heni A, 2013, Desain Web Dinamis dengan PHP dan MySQL, Skripta, Yogyakarta.
[8] Sukri.,2016., Mengenal, Mendampingi & Merawat Thalasemia, Bee Media Pustaka, Jakarta.
[8] Sutabri, Tata, 2012, Analisis Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.
[9] Sutojo T., dkk.,2011, Kecerdasan Buatan, Andi, Yogyakarta.
[10] Yakub, 2012,Pengantar Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta
Published
2018-03-29
How to Cite
AMELIA, Reza; LABELLAPANSA, Ause; SISWANTO, Apri. Sistem Pakar Sebagai Alat Bantu Untuk Pendekatan Diagnosis Penyakit Thalasemia Pada Anak Menggunakan Metode Dempster-Shafer. INFORMATION TECHNOLOGY JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 14 - 23, mar. 2018. ISSN 2528-4053. Available at: <http://journal.uir.ac.id/index.php/ITJRD/article/view/1034>. Date accessed: 25 june 2018.
Section
Articles