PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF HUKUM BISNIS

Authors

  • Ramzi Durin Universitas Islam Riau

Keywords:

Perlindungan Konsumen, Hukum Bisnis

Abstract

Di era perdagangan bebas (pasar global) pembangunan perekonomian di Indonesia khususnya di bidang perindustrian dan perdagangan telah membawa manfaat yang cukup besar bagi semua pihak baik kepada konsumen mapun kepada dunia usaha (pelaku bisnis), yaitu semakin banyaknya pilihan barang atau jasa yang ditawarkan, dengan berbagai jenis, tipe, harga dan kualitas., sehingga konsumen akan lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun disisi lain konsumen juga dapat menjadi objek bagi para pelaku bisnis yang sengaja mencari keuntungan yang sebesar-besarnya, baik melalui promosi ataupun iklan penjualan yang seringkali merugikan para konsumen. Hal ini karena rendahnya pemahaman hukum baik dari sisi konsumennya maupun kesadaran hukum pelakau usaha. Disamping itu juga karena rendah etika dalam berbisnis. Untuk itu perlulah ada kesadaran terumata pelaku usaha yang tidak hanya mencari keuntungan semata tetapi lebih menjamin agar tercipta situasi saling menguntungkaan baik konsumen mapun pelaku usaha sehingaa tidak ada pihak yang dirugikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-10-29

Issue

Section

Articles