PENGARUH PROMOSI, PRODUK, DAN EVENT TERHADAP KEPUTUSAN BELI KONSUMEN ISLAMIC BOOK FAIR SYAKAA ORGANIZER

  • Yuana Tri Utomo STEI Hamfara
  • Anisa Salsabila STEI Hamfara
Keywords: Promosi, Produk, Event, Keputusan Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh promosi, produk dan event kegiatan terhadap keputusan beli konsumen Islamic Book Fair Syakaa Organizer. Penelitian ini bersifat asosiatif atau kausalitas. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang responden konsumen Islamic Book Fair Yogyakarta. Teknik dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling atau Judgmental Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis asumsi klasik dengan menggunakan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh analisis regresi Constant sebesar 1,335 dan koefisien regresi sebesar 0,396 untuk promosi (X1), koefisien regresi 0,389 untuk produk (X2), dan koefisien regresi sebesar 0,406 untuk event (X3), sehingga dapat diketahui persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 1,335 + 0,396 X1 + 0,389 X2 + 0,406 X3. Hasil penelitian R Square sebesar 0,633. Hal ini berarti seluruh variabel bebas yakni: promosi X1, produk X2, event X3, berpengaruh secara simultan atau bersama-sama sebesar 63.3% terhadap variabel terikat keputusan beli Y. Sisanya sebesar 36,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Pengaruh yang diberikan adalah pengaruh positif dengan level pengaruh “Cukup Tinggi”.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-30
Section
Articles
Abstract viewed = 70 times
PDF downloaded = 47 times