PENGARUH KEBERADAAN OBJEK WISATA ISLAMIC CENTRE TERHADAP PENGEMBANGAN UKM (USAHA KECIL MENENGAH) PEMATANG BAIH PASIR PANGARAIAN
Keywords:
Objek Wisata, Pengembangan UsahaAbstract
Pada dasarnya penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh keberadaan objek wisata Islamic Centre di Rokan Hulu terhadap pengembangan usaha (UKM) Pematang Baih. Dalam penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian survey deskriptif dimana peneliti mengumpulkan data dengan cara menganalisa serta mendeskripsikan atau menggambarkan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung ke tempat penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya tingkat pengaruh keberadaan objek wisata Masjid Agung Madani Islamic Centre ini terhadap pengembangan usaha (UKM) yang di sekitaran bahu jalan Taman Pematang Baih Pasir Pangaraian dengan mengambil beberapa indikator yang menjadi penunjang untuk hasil yang lebih jelas. Data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Pada penelitian ini penulis mengambil sampel sebanyak 42 orang responden yang merupakan pedagang atau pelaku usaha di bahu jalan Masjid Agung Madani Islamic Centre. Pada penelitian imi penulis menggunakan aplikasi SPSS versi 2.0 dalam uji reliabilitas, validitas, regresi linear sederhana serta uji t dengan memakai acuan rtabel yang sudah lumrah digunakan. Analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa Keberadaan Objek Wisata (X) terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Y) berada di interval Cukup Berpengaruh karena berada di antara 34% - 65. Sehingga dapat di ambil kesimpulannya adalah objek wisata Islamic Centre memberikan pengaruh terhadap pengembangan usaha (UKM) dalam bentuk sektor kunjungan.